Resep Pipis Kopyor Spesial

Resep Pipis Kopyor Spesial – Satu resep dengan bahan dasar kelapa muda, santan, dan juga roti tawar merupakan penganan yang identik dengan suatu daerah di Pulau Jawa, lebih tepatnya di Provinsi Jawa Tengah. Ya, Pipis Kopyor. Terdapat bermacam-macam versi Pipis Kopyor yang berbeda tiap-tiap daerah. Ada segar dengan kuah santan dan juga ada yang dengan bentuk padat. Isi yang biasa menjadi tambahan juga memiliki ragam jenisnya, dari mulai yang sekadar memakai kelapa muda dengan roti tawar, sampai isian yang lainnya seperti pisang, sagu, dan kismis.

Rasa manis-manis gurih Pipis Kopyor membuat makanan yang satu ini begitu disukai apalagi yang berkuah yang dapat menyegarkan. Tekstur camilan ini juga akan terasa lembut saat dinikmati. Meskipun manis, tetapi manisnya ini tidak berlebihan sehingga tidak akan membuat eneg.

Resep Pipis Kopyor

Resep yang satu ini sangat pas sebagai menu bulan Ramadan, terutama ketika berbuka puasa. Akan tetapi, menu nikmat tradisional ini tidak selalu ada di sembarang lokasi, sulit ditemukan. Kalau Anda sedang beruntung mungkin Anda dapat berjumpa dengan penjual Pipis Kopyor ini di took-took kue atau juga di pasar-pasar tradisional.

Oleh karena itu, sepertinya sangat tepat apabila kita berusaha mencari tahu resepnya, bahakan mengetahui sehingga dapat mempraktikkan sendiri resep legendaris ini di dapur kesayngan Anda. Membuatnya tidaklah susah, sama saja seperti membuat kue-kue lainnya yang juga tradisonal. Begitu pula bahan racikannya pun tergolong mudah didapat di mana pun. Penasaran mau tahu bagaimana resep pipis kopyor yang sangat nikmat ini? Langsung saja mari kita simak pembahasan resep pipis kopyor yan menggugah selera ini.

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan pipis kopyor:

  • 1 butir kelapa muda (diserut)
  • 5 lembar roti tawar
  • 2 lembar daun pandan (dipotong pendek)
  • ± 300 ml santan cair
  • ± 100 gram gula pasir
  • sedikit vanili dan garam
  • Sebagai pembungkus siapakan plastic bening dan juga daun pisang

Langkah-langkah pembuatan pipis kopyor:

  1. Pertama, campurkanlah santan beserta gulanya dengan tambahan sedikit vanili dan garam. Lalu, aduklah sampai merata.
  2. Selanjutnya siapkan satu lembar roti tawar, kelapa muda serut, daun pandan yang telah dipotong kecil, dan siramlah dengan santan sampai menggenang. Kemudian, bungkus menggunakan daun pisang. Kuncilah bungkusan tadi menggunakan potongan lidi. Supaya santannya tidak keluar atau bocor, dapat digunakan plastik bening yang telah tadi disiapkan sebagai alas pembungkusnya.
  3. Terakhir kukuslah selama ± 20 menit. Setelah itu, angkatlah dan pipis kopyor siap untuk dihidangkan.
  4. Pipis kopyor ini akan terasa lebih nikmat ketika dinikmati dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, dapat terlebih dahulu dimasukkan ke dalam lemari es.
Resep Pipis Kopyor Spesial | Linda Meymey | 4.5